Kamis, 04 Oktober 2012

JENIS-JENIS JEJARING SOSIAL

Era modern dan globalisasi yang terjadi dewasa ini, membuat masyarakat dunia tidak dapat menghindar dan menolak pengaruh perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan masyarakat dunia mau tidak mau harus menerima dan menerapkan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Teknologi yang sedang marak digunakan adalah komputer. Komputer yang satu dengan komputer lainnya dapat dihubungkan melalui jaringan internet. Jaringan internet ini merupakan upaya awal untuk mendukung aktivitas jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Jejaring sosial merupakan bentuk baru komunitas di internet yang saling terhubung dengan cepat dan membentuk sebuah relasi. Istilah jejaring sosial diperkenalkan oleh Professor J.A. Barnes pada tahun 1954. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang fokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegress.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan secara tidak langsung. Layanan jejaring sosial berbasis web menyediakan berbagai cara bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chatsuara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Para pengguna jejaring sosial dapat membuat biodata dirinya dan meng-upload foto diri serta dapat berteman dengan pengguna lain yang dapat dilakukan melalui pembuatan grup di dalamnya.
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jenis-jenis jejaring sosial pun semakin beragam. Tidak seperti sebelumnya yang hanya mengenal forum diskusi, chat, messenger atau mailing list yang pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja. Jenis-jenis jejaring sosial yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini di antaranya ada MySpace, Friendster, Hi5, facebook, twitter, Linked In, FUPEI, bebo, orkut, Yahoo! Meme, koprol, tumblr, dan plurk. Jejaring sosial MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, bahkan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Akan tetapi, pada tahun 2005 News Corp membeli MySpace seharga 580 juta dollar AS. MySpace pun resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation. Jenis jejaring sosial yang kedua adalah Friendster. Ide penamaannya berasal dari nama Napster yang merupakan sebuah situs web jaringan sosial seorang pengguna yang membuat identitas maya dan mengisi data dirinya untuk mendapatkan akun Friendster. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya pun multi-language dan kini telah ada versi mobile-nya. Jenis yang ketiga adalah Hi5. Pendiri Hi5 adalah Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang menjabat sebagai CEO. Pada tahun 2008 Hi5 termasuk salah satu dari dua puluh situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 2009 Hi5 menyatakan telah memiliki lebih dari 60 juta member aktif. Jenis yang keempat adalah Facebook. Siapa tidak mengenal Facebook? Situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 ini hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia, bahkan kaum menengah bawah dan orang tua pun memiliki akun Facebook. Situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mulanya keanggotaannya hanya dalam lingkup siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston hingga akhirnya ke berbagai perguruan tinggi lain bahkan meluas hingga ke seluruh penjuru dunia yang kemudian menjadi situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat dengan memuat 8,5 juta foto setiap hari. Jenis yang kelima adalah Twitter. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Situs web yang mampu mengirim pembaharuan berupa teks dengan panjang maksimum 140 karakter ini mencapai kesuksesan yang kemudian ditiru oleh sekitar 111 situs web yang memiliki layanan serupa dengan Twitter. Jenis yang keenam adalah Linked In. Linked In adalah situs web yang berorientasi bisnis terutama untuk jaringan profesional. Pada September 2007 pengguna yang terdaftar pada situs ini mencapai 14 juta pengguna meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang dikbagi berdasarkan jasanya. CEO Linked In saat ini adalah Dan Nye yang kantornya berlokasi di Mountain View, California. Jenis yang ketujuh adalah FUPEI yang merupakan situs ciptaan anak Indonesia. FUPEI adalah singkatan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian. Berdiri pada Mei 2004 yang berperan menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi para penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs jaringan sosial seperti Friendster pada tahun 2004, FUPEI turut memberi ruang gerak bagi pengguna internet di Indonesia dalam bentuk user generate content yang mencakup foto, musik, dan video. Para pengguna FUPEI dikenal dengan sebutan “fupeis”. Jenis yang kedelapan adalah Bebo yang dibuat pada Januari 2005. Bebo populer dan banyak digunakan di beberapa negara seperti Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Jenis yang kesembilan adalah Orkut yang launching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan bagian dari Google. Dinamakan Orkut sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Buyukkokten. Sayangnya Orkut tidak populer di Indonesia, justru pengguna Orkut sebagian besar adalah warga Samba, Brazil. Jenis yang kesepuluh adalah Yahoo! Meme atau Yahoo! Mim yang dirilis pada Agustus 2009. Istilah “Meme” dikenal sebagai sesuatu yang cepat menyebar dan mengalihkan perhatian semua orang. Istilah ini dikutip dari buku berjudul The Selfish Gene karya Richard Dawkins pada tahun 1976. Yahoo! Meme memiliki kemiripan dengan Twitter yakni pada @reply atau balasan dan direct message serta sistem follower yang juga dimiliki Twitter. Jenis yang kesebelas adalah Koprol yang merupakan bagian dari Yahoo! asli buatan Indonesia. Koprol unik karena ketika log-in dengan telepon seluler maka telepon seluler tersebut berfungsi sebagai GPS tanpa aplikasi GPS di ponsel tersebut. Jenis yang kedua belas adalah Tumblr buatan David Karp pada tahun 2007. Kini Tumblr telah memiliki 3 juta pengguna. Jenis yang ketiga belas adalah Plurk. Dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sangat populer di Taiwan, Filipina, dan Indonesia. Plurk memiliki keunikan yang berbeda dari situs jejaring sosial yang lain yaitu Plurk akan memberikan reward kepada Plurker dengan nama karma. Karma diberikan berdasar jumlah tanggapan terhadap Plurk yang diposting sesorang, keaktifan dalam pertemanan, dan jumlah perekrutan anggota baru. #bridgingcourse 07

DAFTAR PUSTAKA
Diakses di http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-jejaring-sosial-2/ pada tanggal 02 Oktober 2012 pukul 19.07.
Diakses di http://www.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial pada tanggal 02 Oktober 2012 pukul 21.18.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar